Bagian Organ Mata dan Fungsinya

bagian-bagian mata dan fungsinya

Bagian Organ Mata dan Fungsinya - Mata yaitu di antara organ tubuh manusia yang amat mutlak. mata adalah di antara panca indera manusia. mata adalah indera untuk penglihatan. tanpa mata, kita tidak bisa lihat benda-benda yang ada didunia ini. mata dapat lihat jika ada sinar. didalam gelap mata tidak bisa lihat, dikarenakan tak ada sinar yang masuk ke didalam mata.

Gambar bagian-bagian mata
Organ mata bisa dibedakan jadi dua sisi yakni organ mata sisi luar serta organ mata sisi didalam. organ sisi luar biasanya berperan membuat perlindungan organ mata sisi didalam. namun organ mata sisi didalam berperan untuk terima sinar yang masuk lantas meneruskannya ke otak.

i. Organ mata sisi luar
Yakni organ mata yang letaknya diluar bola mata yakni layaknya kelopak mata, alis mata serta bulu mata. kelopak mata berperan untuk menutupi serta membuat perlindungan mata. alis mata berperan untuk menahan keringat serta air hujan masuk ke didalam bola mata, disamping itu alis mata juga bermanfaat untuk mempercantik serta memperindah organ mata. bulu mata berperan untuk menyaring sinar yang masuk dan membuat perlindungan mata dari benda-benda asing.

ii. Organ mata sisi dalam
Organ mata sisi didalam yaitu organ-organ yang membentuk bola mata. adapun organ mata sisi didalam seperti berikut :

Kornea mata ( selaput bening ), berperan untuk terima sinar dari sumber sinar serta meneruskannya ke sisi mata yang lebih didalam serta berakhir di retina. karakternya tidak berwarna ( bening ) serta tidak punya pembuluh darah. apabila berlangsung rusaknya maka bisa mengakibatkan kebutaan.

Iris ( selaput pelangi ), terdapat di dalam-tengah bola mata, dibelakang kornea. warna iris di pengaruhi oleh type ras atau bangsa.

Pupil ( anak mata ), berperan untuk mengatur banyaknya sinar yang masuk. karena sinar tidak terlampau banyak ( menyilaukan ) atau terlampau sedikit ( redup ). manfaat anak mata atau pupil sama juga dengan manfaat diafragma pada alat potret ( kamera ). karakternya bila sinar teralalu banyak, pupil dapat mengecil. namun jika sinar terlampau sedikit, pupil dapat membesar. pupil yaitu celah bulat yang ada di dalam-tengah iris.

Lensa mata, berperan untuk fokus serta melanjutkan sinar yang masuk ke mata supaya jatuh pas pada retina ( selaput jala ). karena, mata bisa lihat dengan jelas. disamping itu lensa juga punya manfaat untuk mencembung serta memipih untuk fokus jatuhnya sinar. letak lensa ini terdapat di dalam-tengah bola mata, yakni di belakang anak mata ( pupil ) serta selaput pelangi. karakternya apabila kita mengamati benda letaknya dekat, maka mata berakomodasi dengan kuat. mengakibatkan, lensa mata jadi lebih cembung, serta bayangan bisa jatuh pas di retina. tetapi sebalinya jika kita mengamati benda yang letaknya jauh, maka mata tidak berakomodasi. mengakibatkan, lensa mata berupa pipih. kekuatan lensa mata untuk merubah kecembungannya ini dimaksud daya akomodasi.

Badan bening, manfaatnya untuk melanjutkan sinar yang sudah melalui lensa. sinar itu setelah itu disampaikan ke selaput jala. letak badan bening yaitu di belakang lensa, memiliki bentuk layaknya agar-agar.
retina ( selaput jala ), yaitu sisi yang sangat sensitif pada sinar. terutama bitik kuning. retina berperan menangkap serta melanjutkan sinar dari lensa ke saraf mata. didalam selaput jala ada ujung-ujung saraf penerima, letaknya adalah selaput yang terdapat sangat belakang.

Saraf mata, atau saraf optik ini berperan untuk melanjutkan rangsang sinar ke otak. informasi-informasi yang dibawa oleh saraf kedepannya dapat diolah di otak. karena kita bisa lihat satu benda.

b. Langkah kerja mata
sungguh bahagianya kita dikarenakan dianugerahi mata oleh allah swt. kita semestinya bersyukur kepada-nya dikarenakan anugerah yang terindah ini. dengan mata yang sehat, kita bisa lihat seluruh panorama. oleh karena itu kita mesti melindungi mata kita serta merawatnya dengan sebaik-baiknya.

Langkah kerja mata yakni :
mata bekerja waktu terima sinar. tanpa sinar, mata tidak bisa manjalankan manfaatnya. sinar memasuki mata melewati pupil. lensa mata mengarahkan sinar hingga bayangan benda jatuh pada retina. lantas, ujung-ujung saraf penerima yang ada di retina mengemukakan bayangan benda itu ke otak. sesudah diolah di otak, kita bisa lihat satu benda.

Mata adalah di antara indera yang tidak ternilai harga nya. mata terdiri atas bola mata yang ada didalam lekuk mata. diberi nama bola mata dikarenakan memiliki bentuk memanglah layaknya bola. didalam bola mata terdiri atas bagian-bagian mutlak didalam penglihatan.

Mata tidak bisa kemasukan debu atau benda apa saja. juga tidak bisa terkena cahaya yang menyilaukan. oleh dikarenakan itu, mata dilindungi dari perihal yang mengganggu :

Gerak reflek
Letak bola mata didalam sesuatu lekuk di antara dahi serta tulang pipi, hingga cukup terlindung
kelopak mata membuahkan air mata oleh kelenjar air mata. air mata dipakai untuk membasahi kornea.
bulu-bulu mata gunanya untuk kurangi sinar yang masuk.
alis mata, diatas mata ada alis mata yang gunanya untuk menghindari masuknya keringat.

c. Kepekaan mata pada rangsang
Kekuatan serta kepekaan tiap-tiap orang itu berlainan. ada orang yang lensa matanya bisa berakomodasi dengan baik, ada juga yang tidak. mengakibatkan, ada orang yang bisa lihat benda yang letaknya jauh dengan jelas, ada juga yang tidak.

Perbedaan kekuatan mata seseorang diatas dikarenakan dikarenakan ada perbedaan kepekaan. ada orang yang tahan dengan sinar banyak, ada yang tidak tahan. ada orang yang bisa lihat didalam situasi redup ( remang-remang ), ada yang tidak.

d. Melindungi kesehatan mata
Mata mutlak untuk kehidupan sehari-harinya kita. dikarenakan mata mempunyai bagia-bagian yang sangat peka ( sensitif ) teradap benda asing. yang sudah pasti sisi itu mudah terluka.
di bawah ini beragam jenis type kelainan serta penyakit mata :

Miopi ( rabun jauh ), yakni ketidakmampuan mata kita untuk lihat benda yang jauh dengan jelas. kelainan ini bisa diatasi gunakan kacamata berlensa minus ( lensa cekung ).

Hipermetropi ( rabun dekat ), yakni ketidakmampuan mata kita untuk lihat benda yang dekat dengan jelas. kelainan ini bisa diatasi gunakan kacamata berlensa plus ( lensa cembung ).

Presbiopi ( mata tua ), yakni ketidakmampuan mata kita untuk lihat benda yang dekat serta jauh dengan jelas. kelainan mata ini bisa diatasi gunakan kacamata berlensa ganda, yakni minus serta plus.

Rabun senja, yakni kelainan mata di mana mata tidak dapat untuk lihat warna-warna spesifik. disamping itu ada juga orang yang buta warna keseluruhan, meskipun perihal itu amat jarang sekali. pada buta warna keseluruhan, meskipun perihal itu amat jarang sekali. pada buta warna keseluruhan, mata cuma mengetahui warna putih serta hitam.

Mata merah, yakni berlangsung dikarenakan kemasukan benda asing, hingga mata dapat merasa gatal serta perih. mata merah yang tidak segera diobati bisa menyebabkan menumpuknya kotoran di sudut mata.

Katarak, yakni terdapatnya susunan putih yang sebenarnya susunan itu yaitu lensa sebagai buram. umumnya katarak menyerang orang lansia. katarak bisa sembuh dengan operasi pengangkatan lensa yang buram serta menggantinya dengan lensa buatan.

Langkah menghindar penyakit / kelainan mata
- Jagalah kebesihan mata, hingga tidak kemasukan kotoran.
- Jagalah mata bila ada di area yang berdebu serta berasap.
- Segera tetesi mata dengan obat tetes mata. perihal ini akan bikin kotoran terdorong keluar.
- Makanlah makanan yang memiliki kandungan vit. a. vit. a baik untuk kesehatan mata.
- Lakukan membaca buku dengan jarak lebih kurang 30 cm serta dengan penerangan yang cukup.
- Periksakan diri ke dokter mata bila mata anda mulai tidak dapat lihat dengan baik. terlebih apabila dibarengi dengan pusing atau sakit kepala. bila tidak segera berobat, mata bisa alami masalah yang lebih kronis.
- Cukup sekian penjelasan saya perihal organ mata sebagai indera penglihatan, pembahasannya meliputi bagian-bagian mata beserta manfaat, langkah kerja mata, kelainan atau penyakit-penyakit mata.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saung Sule - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger