Inilah Proses Terjadinya Pelangi


Inilah Proses Terjadinya Pelangi - Bagaimana sistem berlangsungnya pelangi yaitu bermula dari saat sinar matahari melalui sesuatu tetes hujan yang lantas dibelokkan atau dibiaskan menuju sedang tetes hujan tersebut, yang memisahkan sinar putih itu jadi sesuatu warna spektrum. lantas, warna-warna yang terpisah ini memantul di belakang tetes hujan serta memisah semakin banyak lagi waktu meninggalkannya. mengakibatkan, sinar terlihat melengkung jadi kurva warna yang dikatakan sebagai pelangi. sinar dengan panjang gelombang terpendek layaknya ungu, ada dibagian kurva serta yang mempunyai panjang gelombang terpanjang layaknya merah ada di bagian luar.

Pada abad ke-17, ilmuwan inggris, isaac newton, ( 1642 -1727 ) mendapatkan bahwa sinar putih matahari sesungguhnya yaitu campuran dari sinar beragam warna. dia menyorotkan sedikit cahaya matahari melewati sesuatu prisma kaca berupa segitiga ( balok kaca ) didalam sesuatu area gelap. bentuk prisma tersebut bikin berkas sinarnya membelok serta lantas memisah jadi satu pita sinar yang lebar. didalam pita ini, newton lihat tujuh warna yang dimaksud spektrum. warna-warna ini yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila serta ungu ( sebutan mudahnya mejikuhibiniu ).

Seluruh sinar bergerak didalam bentuk gelombang. panjang gelombang yaitu yang memastikan warna sinar tersebut. terkadang, sesuatu pelangi ke-2 yang lebih redup dapt tampak diatas pelagi utama dikarenakan sinar sudah dipantulkan atau dibiaskan kian lebih sekali didalam tetes-tetes air hujan. warna-warna pelangi ke-2 ini terbalik, merah didalam serta ungu diluar. warnanya tidak dulu secerah pelangi utama dikarenakan setiap saat sinar dipantulkan, ada sedikit sinar yang hilang.

Pada th. 1852, ilmuwan jerman, ernst von brycke, menyebutkan bahwa warna biru langit disebabkan oleh partikel-partikel di atmosfer yang menyebarkan sinar matahari waktu memasuki atmosfer. lantas, dua fisikawan inggris, lord rayleigh ( 1842-1919 ) serta john tyndall ( 1820-1893 ) memiliki penjelasan lain. rayleigh berpendapat bawah sisi biru dari sinar matahari disebarkan oleh debu serta uap air, namun dia salah. molekul hawa sendirilah yang menyebarkan sinar. walau demikianlah kita tetap menyebut type penyeberan ini sebagai dampak tyndall, atau penyebaran rayleigh, sesuai dengan nama ke-2 ilmuwan tersebut.

Pelangi serta dampak sinar lain di langit dikarenakan oleh sinar yang membias serta menyimpang menjauhi partikel. waktu matahari terbenam, langit jadi merah dikarenakan cahaya matahari melalui melewati atmosfer yang tambah lebih tidak tipis dari pada saat matahari ada tinggi di langit pada siang hari. sinar biru disebarkan diluar jalur sinar, serta kita lihat panjang gelombang yang lebih merah.

Latihan bikin pelangi :
beberapa bahan :
1. lampu senter dengan sorot yang sempit
2. 4 sampai 6 buah batang lem
3. latar belakang putih ( kertas, dinding atau kain )
4. selotip bening
5. 2 filter polarisasi

Beberapa langkah :
Sorotkan senter pada ujung di antara batang lem, peganglah ujung satunya lebih kurang 1 cm dari latar belakang putih. cermati bahwa ujung batang lem yang sangat dekat dengan senter warnanya tidak sama dengan ujung batang lem yang dekat dengan latar belakang putih. cermati warna lingkaran pada latar belakang putih.

Sambungkan dua batang lem pada ujung-ujungnya serta satukan dengan selotip bening.
ulangilah langkah 1, serta cermati perbedaan warnanya di selama batang lem serta didalam lingkaran berwarna di latar belakang putih. anda apalagi bisa merekatkan semakin banyak batang lem serta mengulangi langkah 1. bagaimana pergantian warnanya saat anda memberikan semakin banyak batang lem.
mintalah pertolongan temanmu untuk memegang dua filter polarisasi di depan matanya, layaknya kaca mata. tujukan sebatang lem ke arah temanmu serta pancarkan senter melewati lem tersebut. minta temanmu untuk memutar filter. apakah yang dilihatnya ?

Bila anda cuma mempunyai satu filter polarisasi, peganglah filter ini diantara batang lem serta senter serta putarlah. salah seorang mesti lihat filter tersebut dari samping.

Analisa perihal berlangsungnya pelangi :

Senter tadi pancarkan sinar yang memiliki kandungan seluruh warna pelangi. batang lem menyebarkan sinar biru semakin banyak daripada sinar kuning atau merah. dikarenakan warna pertama yang disebarkan yaitu biru, ujung batang lem yang sangat dekat dengan senter terlihat biru, namun ujung satunya kuning atau kuning-jingga. waktu semakin banyak batang lem yang dipadukan, sinar kuning yang disebarkan jadi semakin banyak, serta lingkaran warnanya beralih jadi jingga.

Gelombang sinar matahari, atau sumber sinar pertolongan layaknya senter, juga bergetar serta memancar keluar ke semua arah. saat getarannya sejajar, cahayanya dimaksud terpolarisasi. anda bisa mendapatkan perumpamaan polarisasi alami waktu anda memandang danau. sinar terang yag terpantul diatas permukaan danau yaitu cahaya yang tidak sukses melalui filter air serta adalah alasan kenapa anda kerap tidak bisa lihat apa pun dibawah permukaan apalagi saat airnya amat jernih.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saung Sule - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger