Kiat Dian Sastro Agar Tak Gemuk Berlebih Saat Hamil

Dian Sastrowardoyo punya tips agar tubuh tak gemuk berlebih saat hamil. (ANTARA/ Teresia May)

Dian Sastrowardoyo punya tips agar tubuh tak gemuk berlebih saat hamil. (ANTARA/ Teresia May)

VIVAlife - Diandra Paramitha Sastrowardoyo, akrab disapa Dian Sastro tengah hamil anak ke-2. Di usia kandungannya yang memasuki 34 pekan ini, Dian mengaku tak ingin berat badan badannya naik drastis.

Saat hamil anak pertama, kata Dian, bobot tubuhnya sempat naik 25 kilogram. Alhasil, ia mengalami kesulitan menurunkan berat badannya seperti semula.

Oleh karena itu di kehamilan keduanya ini, Dian berusaha menerapkan beberapa cara agar bobot tubuhnya tak terlalu melonjak tajam. Penasaran? Simak tips Dian berikut ini.

- Makan walau tidak lapar

Selama hamil, Dian mengaku selalu mengonsumsi makanan meski tidak lapar. Istri dari Indraguna Sutowo ini selalu makan setiap dua jam sekali. Menurut dokter kandungan Brawijaya Women & Children, dr. UF Bagazi, SpOG (K), cara yang dilakukan Dian bisa menjaga berat badan terkontrol dengan baik.

- Memperbanyak protein

Dian menuturkan, dirinya juga memperbanyak makanan kaya protein, seperti tahu, putih telur yang direbus dan ikan salmon 150 gram. Selain itu, ia juga mengurangi konsumsi karbohidrat.

- Menyantap kacang-kacangan

Selebritas yang pernah dianugerahi sebagai pemeran wanita terbaik dalam Festival Film Internasional Singapura tahun 2002 ini, mengatakan kalau dirinya sering mengonsumsi kacang almond saat hamil. "Banyak yang tak menyadari kalau almond mengandung minyak nabati yang baik untuk menyehatkan kulit," katanya.

- Olahraga

Berolahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan selama kehamilan bagi Dian Satro. Sebelum hamil kata Dian, dirinya rutin berlari hingga menempuh jarak lima sampai 10 kilometer. Namun ketika hamil, ia hanya berjalan kaki selama beberapa menit.

Pasalnya ibu hamil harus menjaga detak jantungnya dibawah 130 kali per menit. Pada beberapa ibu, detak jantung akan lebih mudah meningkat ketika melakukan aktivitas ringan. Tak hanya itu, untuk menyambut proses persalinan normal, Dia juga rutin berolahraga angkat beban.

Dengan personal trainer atau pelatih pribadi, Dian berlatih angkat beban tangan untuk memperkuat otot. Ia juga berlatih skot (memperkuat otot kaki dan paha, tanpa melompat).

"Kegiatan ini untuk mendorong atau mengejan. Maka otot kaki sudah mulai dipersiapkan sedini mungkin," ucap Dian. (adi)

21 May, 2013


-
Source: http://kosmo.vivanews.com/news/read/414614-kiat-dian-sastro-agar-tak-gemuk-berlebih-saat-hamil
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saung Sule - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger