Makanan yang Ditakuti Pemilik Gigi Sensitif

Es Krim Baltic (VIVAlife/Muhamad Solihin)

Es Krim Baltic (VIVAlife/Muhamad Solihin)

VIVAlife - Pernahkah Anda merasa takut mengkonsumsi suatu makanan? Jika Anda penderita gigi sensitif, pasti ada sederet makanan yang Anda takuti. Biasanya, makanan yang terlalu dingin, terlalu panas, atau berasa asam dan manis.

Menurut survei Sensodyne Say It yang merangkum 60 ribu jawaban selama periode Maret-Mei 2013, makanan yang paling ditakuti penderita gigi sensitif adalah es krim.

Lebih dari 50 persen, tepatnya 54 persen penderita gigi sensitif, takut mengkonsumsi es krim, karena akan menimbulkan ngilu tajam sesaat ketika es menyentuh gigi. Artinya, satu dari dua orang di Indonesia takut pada makanan yang banyak disukai orang itu. Menempati peringkat kedua, adalah bakso berkuah panas (4 persen). Dengan jumlah persentasi yang sama, adalah cokelat manis.

Selain itu, air es dingin (3 persen) dan mangga muda yang asam (3 persen) juga mengisi daftar makanan yang ditakuti penderita gigi sensitif di Indonesia. Sementara jumlah penderita gigi sensitif itu sendiri, mencapai 45 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Ironisnya, 52 persennya tidak menyadari bahwa rasa ngilu tajam yang mereka dapat saat mengonsumsi makanan-makanan itu.

Makanan panas, dingin, asam, dan manis memang dikenal menjadi pemicu ngilu pada penderita gigi sensitif. Pasalnya, lapisan email pada penderita gigi sensitif telah terkikis dan lapisan dentinnya terbuka. 

Padahal, lapisan itu mengandung saluran-saluran kecil yang menuju ke syaraf. Terbukanya dentin, akan menimbulkan ngilu tajam saat terkena rangsangan seperti makanan-makanan yang disebutkan di atas.

20 May, 2013


-
Source: http://kosmo.vivanews.com/news/read/414091-makanan-yang-ditakuti-pemilik-gigi-sensitif
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saung Sule - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger