Tubuh Menggemuk Setelah Makan Sehat? Ini Pemicunya

Diet selalu gagal meskipun mengkonsumsi makanan sehat.  

Diet selalu gagal meskipun mengkonsumsi makanan sehat.  

VIVAlife - Anda sudah menghindari junk food, makan makanan yang seimbang dan tidak pernah meninggalkan olahraga. Tapi, tetap saja mengalami kenaikan berat badan? Lihat kembali porsi makanan Anda.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity, 186 orang yang mengonsumsi makanan seperti sereal, minuman, dan sayuran yang selama ini berlabel "sehat", ternyata sama bermasalahnya dengan mereka yang mengonsumsi junk food.

Banyak orang beranggapan bahwa sehat setara dengan kalori yang berkurang. Mereka tidak akan merasa bersalah jika mengonsumsi makanan "sehat" tersebut secara berlebihan.

"Orang-orang cenderung akan makan secara berlebihan, karena menganggap makanan tersebut sehat. Mereka beranggapan, makanan organik tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan," ujar David Grotto, penulis The Best Things You Can Eat, dikutip dari Shine.

"Padahal, ada kategori tertentu yang harus dipikirkan saat memilih makanan. Porsi makan yang besar tetap berpengaruh pada berat badan," tuturnya.

Mengurangi porsi makan memang tidak mudah. Apalagi, sejak anak-anak, sudah diajarkan untuk tidak menyisakan makanan di piring. Kondisi itu membuat seseorang akan terus makan, meskipun sudah merasa kenyang.

Terlebih lagi, orang-orang cenderung mengisi piring mereka dengan porsi yang besar. Banyak juga orang yang tidak memiliki petunjuk mengenai berapa banyak makanan yang harus mereka makan. Karena itu, jika ingin menjaga berat badan tetap ideal, segera praktikkan trik ini.

1. Pilih sayuran berwarna gelap

Sayuran hijau, tidak selalu menjadi pilihan yang tepat. Saat membuat salad, pilihlah sayuran yang berwarna lebih gelap. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Zhejiang di China, sayuran dengan warna lebih gelap, akan menyerap cahaya lebih banyak dan mensintesis vitamin lebih banyak pula.

2. Pilih piring dengan ukuran kecil
Banyak orang yang cenderung akan mengisi piring mereka dengan makanan hingga penuh. Karena itu, Anda bisa menggunakan trik dengan memilih piring yang lebih kecil. Sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University, menemukan bahwa ketika anak-anak diberi mangkuk yang lebih besar, mereka akan mengonsumsi 16 persen sereal lebih banyak dibandingkan saat makan dengan mangkuk yang lebih kecil.

3. Tambahkan jamur pada telur dadar
Ganti sosis dengan jamur dalam telur dadar Anda. Karena, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam edisi terbaru dari FASEB Journal, pria dan wanita yang mengganti konsumsi daging dengan jamur, secara efektif dapat mempertahankan berat badan mereka.

3. Minum dari gelas yang tinggi

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research, otak manusia cenderung melihat pada ketinggian objek. Hal itu terlihat dari bentuk tubuh yang dianggap proporsional. Jadi, gelas yang tinggi akan terlihat lebih penuh dibanding yang sebenarnya.

4. Istirahatkan sendok dan garpu

"Ini sangat kontra intuitif. Tetapi, dengan meletakkan sendok dan garpu di atas meja saat mengunyah akan memaksa Anda makan lebih lambat," ujar Grotto.

Hal tersebut memungkinkan tubuh Anda untuk melepaskan hormon yang disebut leptin. Untuk memberi sinyal ke otak bahwa Anda sudah memiliki cukup makanan.

5. Makan lemak lebih banyak
"Lemak mengandung komponen yang mengenyangkan, jadi jangan takut untuk mengonsumsi lemak," ujar Grotto.

Lemak dapat membantu Anda untuk tidak makan secara berlebihan. Tapi, tetap pilih makanan dengan lemak tak jenuh, seperti avokad dan kacang-kacangan. (art)

25 May, 2013


-
Source: http://kosmo.vivanews.com/news/read/415762-tubuh-menggemuk-setelah-makan-sehat--ini-pemicunya
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saung Sule - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger