Ragam Manfaat Buah dan Sayur dari Warnanya

Ayo mengenal manfaat buah dan sayur bagi tubuh berdasarkan warnanya, langsung saja ini dia. TS dah capek-capek buatnya jadi tolong dibaca ya.

HIJAU


Warna Hijau pada sayuran disebabkan oleh zat hijau daun, atau klorofil. Klorofil merupakan pigmen dari tanaman yang warnanya hijau dan terdapat dalam kloroplas sel tanaman. Klorofil mempunyai struktur kimia yang hampir mirip dengan hemoglobin (sel darah merah). Sehingga menurut penelitian para ahli gizi, klorofil dapat dimanfaatkan untuk merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia.

Sayuran yang berwarna hijau biasanya mengandung asam alegat yang berfungsi untuk menghambat sel kanker, Lutein yang terbungkus didalam kantong pigmen hijau daun bisa bantu menangkis degenerasi makula, Antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun di tubuh, dan Kalium berfungsi untuk menormalkan tekanan darah.
Yang tak kalah penting, kandungan serat yang terdapat di dalam sayuran dapat melancarkan BAB.

-Sayuran yang berwarna hijau antara lain: 

Bayam, Brokoli, Selada, Sawi, Kangkung (asam urat tinggi dilarang konsumsi berlebih), Pokcoy, Labu siam.


-Buah yang berwarna hijau antara lain: 

Apel hijau manfaatnya, untuk menetralkan jumlah kolesterol di dalam darah.
Dengan mengkonsumsi apel sebanyak 2 dalam sehari, maka Agan mereduksi jumlah lemak jahat dalam tubuh Agan sebanyak 16%!.

Selain itu Konsumsi satu apel per hari bisa menjauhkan Agan dari tangan dokter. Hal ini bukan isapan jempol semata sebab dengan mengkonsumsi apel hijau per harinya Anda akan menurunkan resiko terkena beberapa penyakit termasuk kanker payudara yang menjadi momok bagi wanita.

Alpukat manfaatnya, Menurunkan tingkat kolesterol darah.



MERAH.

Umumnya warna merah pada sayuran dan buah disebabkan oleh pigmen flavonoid, yang manfaatnya sebagai pencegah kanker. Selain itu sayuran dan buah berwarna merah juga mengandung Likopen (merupakan jenis modifikasi dari karoten), manfaatnya memperlambat pengerasan arteri, anti kanker dan pertumbuhan tumor, Zat antosianin, manfaatnya mencegah Infeksi dan kanker katong kemih



-Sayuran yang berwarna merah antara lain: 
Paprika merah, kaya akan antioksidan dan melawan kanker. Mereka juga sumber yang kaya vitamin C dan komponen RDA vitamin A.

Cabe merah, mengandung zat kapsaisin yang manfaatnya menghambat neuropeptida yang bertanggung jawab pada proses peradangan, selain itu manfaat lainnya adalah membantu melegakan pernapasan (bagi yg pilek hidungnya tersumbat, makan bakso + sambel dijamin jd enteng itu idung)

Bayem merah, manfaatnya mencegah anemia dan gagal ginjal (bagi penderita asam urat tinggi dilarang konsumsi berlebih).

-Buah yang berwarna merah antara lain:
Apel merah, Aneka berry merah, Cherry, manfaatnya Buah ceri kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Buah yang asam manis ini juga ampuh memulihkan otot yang cidera setelah berolahraga.



KUNING dan Oranye

Sayur dan buah berwarna kuning dan oranye banyak mengandung Folat, manfaatnya bisa bantu mencegah cacat lahir tertentu dan mengurangi risiko penyakit jantung. Beta Karoten (Beta karoten merupakan pigmen kuat yang memberikan warna merah-oranye) manfaatnya, memperbaiki sel batang dan sel kerucut pada retina serta membantu penglihatan secara umum. Sayur dan buah bewarna kuning dan oranye juga kaya akan Vitamin C yang tinggi yang manfaatnya sebagai antioksidan bagi tubuh.


-Sayuran berwarna kuning dan oranye antara lain: 
Paprika kuning, Wortel, Labu, Jagung, Tomat dll.

-Buah berwarna kuning dan oranye antara lain: 
Mangga, Jeruk, Nenas, Pepaya, Pisang.



BIRU dan UNGU.

Mengandung Antiostanin, manfaatnya mendukung sistem vaskular.

-Sayuran berwarna Ungu: 
Terong Ungu, manfaatnya mengurangi resiko stroke, mengurangi hipertensi, dan meningkatkan libido (woow)

Bit (sejenis umbi gan), Berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran yang renyah ini juga kaya vitamin C dan asam folat.



sumber : http://klik77.blogspot.com/2013/08/ragam-manfaat-buah-dan-sayur-dari.html#ixzz2cQUYB1b1
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saung Sule - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger