Langsung ke konten utama

Penyebab Telat Menstruasi Pada Remaja

Penyebab Telat Menstruasi Pada Remaja - Penyebab telat menstruasi jika tidak diketahui secara teliti dan rinci akan menimbulkan kekhawatiran. Menstruasi sering dikenal juga dengan istilah datang bulan ataupun haid. Bagi wanita di seluruh dunia ini tidak asing dengan pembahasan ini. Alasan utamanya adalah menstruasi akan dialami oleh sebagian besar wanita yang telah memasuki usia remaja di seluruh wilayah dunia ini.

Menstruasi utamanya terjadi pada wanita yang memasuki usia remaja. Biasanya keterlambatan datangnya menstruasi dialami oleh sebagian besar wanita yang baru mengalami menstruasi. Siklus menstruasi yang dialami oleh sebagian wanita di dunia ini berbeda-beda satu dengan lainnya. Wajar jika muncul istilah telat menstruasi. Langkah penting selanjutnya yaitu harus segera menemukan solusinya.


Hubungan antara wanita dengan menstruasi sangat erat. Kesuburan pada wanita dapat diketahui melalui siklus menstruasinya. Jika telat menstruasi berulang kali, maka hal tersebut harus dilakukan tindakan cepat. Tindakan yang dimaksud yaitu segera periksa ke dokter ahlinya karena hal tersebut menjadi hal utama. Ketika dilakukan pemeriksaan maka akan diketahui penyebab telat mestruasi.

Wanita juga perlu waspada jika menstruasinya lama terjadi. Ketika waktu menstruasinya lebih dari batas normal yaitu dua minggu atau empat belas hari, maka hal tersebut juga harus diwaspadai. Jadi, menstruasi yang datangnya telat ataupun lama ketika telah dialami, keduanya harus tetap diwaspadai dan diperikasakan segera. Penyebab telat menstruasi selama satu minggu atau bahkan dua minggu bisa menimbulkan kekhawatiran terutama bagi mereka yang mengalaminya.

Ada yang menganalisa bahwa dirinya hamil atau mempunyai penyakit jika mengalami telat menstruasi. Oleh karena itu, sebaiknya kita terutama kaum wanita tidak langsung merasa khawatir apabila menstruasi mengalami keterlambatan. Semua dapat dihadapi dengan hati-hati dan teliti mengamati gejalanya. Jika terasa mengkhawatirkan, maka dapat segera menjadwalkan kapan seharusnya diperiksa dan diketahui penyebab serta bagaimana pencegahannya.

Jika menstruasi mengalami keterlambatan, maka  hal tersebut belum dapat dikatakan langsung ada tanda-tanda hamil. Semuanya butuh tes yang teliti dan dipastikan. Kemajuan teknologi dapat membantu tes tersebut. Selain itu, tanda-tanda seseorang hamil juga mudah dikenali melalui kondisi tubuh wanita tersebut. Begitupula pernyataan terdapat penyakit jika terjadi keterlambatan menstruasi.

Oleh karena itu, penyebab telat menstruasi juga membutuhkan hasil tes dari laboratorium sebagai upaya memastikan kondisi tubuh. Selain itu, hasil tes laboratorium tersebut juga akan memudahkan dokter ahli dalam menentukan langkah apa mengatasi keluhan yang disampaikan pasiennya ketika mengalami telat menstruasi pada tingkat mengkhawatirkan. Peran teknologi dalam hal ini berada pada urutan utama pada masa sekarang ini. Orang tidak perlu terlalu takut bahkan khawatir dengan gejala pada tubuh terutama dalam hal menstruasi. Teknologi akan membantu untuk memudahkan kesulitan bahkan kekhawatiran manusia.

Penyebab Telat Menstruasi: Memahami Menstruasi


Memahami tentang menstruasi penting bagi setiap orang utamanya wanita. Adapun istilah menstruasi memiliki sebutan lain, yaitu datang bulan ataupun haid. Masyarakat biasanya menggunakan istilah-istilah tersebut. Sesuai pengertiannya, maka dapat diketahui bahwa menstruasi yaitu perubahan fisiologis dalam tubuh wanita.

Menstruasi dapat dikatakan telat maupun terjadi secara berlebihan karena memiliki batasan waktu tertentu. Adapun waktu terjadinya menstruasi biasanya secara berkala jika lancar dan normal. Hormon reproduksi juga terpengaruh oleh menstruasi. Alasannya yaitu menstruasi berkaitan dengan reproduksi atau kesuburan pada wanita. Umumnya wanita antara usia remaja sampai menopause mengalami masa menstruasi. Tiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda satu dengan lainnya.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari,. Namun demikian, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama dan normal seperti dalam teori. Umumnya darah yang hilang ketika mengalami menstruasi yaitu 10mL hingga 80mL per hari  Jadi, sebanyak itulah darah pada tubuh wanita ketika menstruasi dikeluarkan. Biasanya darah yang dikeluarkan tersebut dinamakan darah kotor.

Wanita memakai pembalut untuk menampung darah yang keluar saat melakukan kegiatan. Kegiatan yang dapat dicontohkan antara lain saat tidur dan ketika waktu menstruasi telah datang. Pembalut yang telah dikenakan harus diganti minimal dua kali sehari. Tujuan penggantian pembalut tersebut yaitu untuk mencegah terjadinya infeksi pada vagina maupun gangguan lainnya. Jika pada vagina terkena infeksi, maka segera diperiksakan kepada dokter ahlinya.

Penyebab Telat Menstruasi: Sulit Memiliki Keturunan


Penyebab telat menstruasi, terlebih bagi gadis remaja yang sudah aqil baligh memang patut dicemaskan. Normalnya gadis dengan usia 9-12 tahun sudah mengalami menstruasi. Makanya patut dilakukan pemeriksaan segera ketika seorang gadis belum juga menstruasi ketika usianya sudah melewati sebagaimana kelaziman.

Penyebab telat menstruasi bisa saja disebabkan karena selaput daranya sangat rapat. Selaput dara yang normal itu memiliki lubang-lubang seperti halnya pori-pori. Jika selaput dara tersebut tertutup rapat dapat dimungkinkan masih bisa menstruasi. Namun kemungkinan besarnya susah keluar. Jika demikian, hati-hati darah menstruasi yang tak keluar tersebut akan mengumpul di dalam dan menimbulkan penyakit.

Khusus bagi sebagian besar wanita termasuk kita yang sudah menikah bisa saja penyebab telat menstruasi karena berbagai kemungkinan setelah melahirkan atau menyusui anak. Selain hal tersebut, bisa juga terjadi kemungkinan terserangnya infeksi, termasuk pula infeksi yang disebabkan karena hubungan persenggamaan. Untuk wanita yang sudah berusia diatas tiga puluh lima  tahun harap hati-hati kalau terjangkit tumor indung telur sebagai penyebabnya.

Selanjutnya ada sebuah pertanyaan yang menarik dan penting untuk diketahui berkatan dengan pengaruh adnya penyebab telat menstruasi. Pertanyaan penting dan menarik untuk diajukan tersebut yaitu, benarkah menstruasi yang tidak teratur dapat menjadikan sulit untuk mempunyai keturunan? Jawabann atas pertanyaan tersebut adalah iangan buru-buru menyimpulkan demikian. Alasannya yaitu karena banyak juga wanita yang menstruasinya tidak teratur datang ke dokter untuk menstruasinya dibuat teratur dengan alibi supaya segera bisa hamil. Tapi ternyata tidak selalu harus demikian. Banyak juga wanita yang menstruasinya teratur namun belum juga hamil.

Penyebab telat menstruasi bisa saja diakibatkan oleh beberapa faktor. Faktor yang dimaksudkan diantaranya pola hidup yang dijalankan tidak secara teratur, terlalu seringnya stress dan depresi, perokok aktif serta sering meminum minuman yang mengandung alkohol. Kekurangan tidur serta pola kerja dan makan yang tidakk teratur pun menjadi indikasi yang menyebabkan seseorang mengalami keterlambatan menstruasi.

Selain kenyataan yang telah terjadi itu, ada juga wanita yang mengalami ketidakteraturan menstruasi. Maksudnya yaitu menstruasi datang secara mendadak, dimana sebelumnya tidak terjadi. Misalnya saja, seseorang datang bulan hanya 4 bulan sekali. Jika yang terjadi demikian, khawatir berbahaya maka segeralah periksakan ke dokter ahli.


Penyebab Telat Menstruasi: Memperbanyak Mengkonsumi Buah dan Sayuran


Penyebab telat menstruasi telah diketahui ada beberapa. Informasi tersebut tidak terbatas pada hal itu saja. Solusi ataupun cara mengatasi hal tersebut tentunya juga harus diupayakan dilakukan secara teratur. Hal pertama yang perlu kita ketahui terlebih dulu yaitu kendala wanita ketika menstruasinya datang.

Adapun kendala wanita selain menstruasi yang tidak teratur biasanya juga nyeri menjelang maupun ketika menstruasi tiba. Jika dideskripsikan rasanya itu mual, mulas, penginnya muntah-muntah bahkan keram perut ketika darah menstruasi akan keluar. Sebenarnya rasa nyeri tersebut wajar sebagai akibat dari dinding rahim yang sedang berkonstraksi, tapi menjadi tak wajar apabila terjadinya secara berkepanjangan.

Jika terjadi nyeri secara bekepanjangan jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi bagi yang sudah menikah dan telah melakukan hubungan intim. Hal tersebut dikarenakan sangat mungkin terjadinya gejala infeksi. Menurut para ahli, adanya pelekatan genitalia internal akan menyebabkan seseorang mempunyai keturunan. Oleh karena itu, untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mual dan nyeri seperti penjelasan sebelumnya, maka mengkonsumsi buah dan sayur lebih banyak akan membantu mengurangi rasa sakit tersebut.


Selain itu, makan sayur dan makanan lain yang banyak mengandung karbohidrat dan serat tinggi dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa tidak karuan ketika Anda akan atau sedang menstruasi. Namun demikian, memperbanyak makan sayur dan buah tidak terbatas pada pencegahan adanya keterlambatan ketika menstruasi, tapi buah dan sayur termasuk bahan makanan dengan kandungan gizi tinggi.

Buah dan sayur yang dapat dimakan untuk mengatasi keterlambatan menstruasi adalah buah dan sayur yang

Demikianlah ulasan tentang penyebab telat menstruasi dan solusi yang dapat dicoba untuk dilakukan mengatasi masalah tersebut. Bagi wanita khususnya, ulasan ini akan menjadi kebutuhan dan tidak untuk dikesampingkan. Penting mengetahui ulasan penyebab telat menstruasi ketika diantara kita akan melakukan pencegahan sejak dini mulai dari sekarang.

Postingan populer dari blog ini

Cerita Seks ABG - Ngentot Adiknya Sepupuku yang Masih Perawan

Cerita Seks ABG - Ngentot Adiknya Sepupuku yang Masih Perawan - Waktu itu tahun 1996, bulan September, aku baru saja pulang dari KKN di desa, di daerah Kabupaten Blora (sekarang masuk Kabupaten Cepu), dua hari setelah sampai di rumah, ada telepon dari salah satu sepupuku, katanya dia sedang Study Tour ke kotaku. Sepupuku ini masih sekolah di SMUK di daerah Madiun, sebenarnya aku belum pernah bertemu langsung dengan dia, jangan heran ya, sebab dia sepupu jauh sekali. Sepupuku ini baru sempat bertemu dengan orang tuaku dan kakakku saja sewaktu mereka pergi ke daerah asal sepupuku di Jawa Timur. Nah, ketika dia Study Tour ke kotaku, dia ingin mampir dan menginap di rumahku, terus dia minta dijemput di depan salah satu bank di dekat Jalan yang jadi trade marknya kotaku. Maka, aku bersama kakakku menjemput dia. Jam 4:25 sore, aku sampai di depan bank tersebut. Mobil kuparkir, lalu aku bersama kakakku sambil membawa dua payung menghampiri bis-bis yang diparkir di depan bank, agak lama ju

Cerita dewasa: Aku menghamili ibu kandungku

Ibu kandungku sangat seksi dan cantik meski usianya sudah 36 tahun, sedangkan adikku sangat manis dan merangsang meski baru berumur 14 tahun, mungkin ini dikarenakan tubuhnya yang tumbuh dengan pesat sehingga tonjolan di tubuhnya terlihat menggairahkan. Kisah Cerita Dewasa 2013 Anak Ngentot Ibu Kandung Sendiri - Nafsu seksku sangat besar, hampir setiap hari aku melakukan onani akibat ga kuat menahan gejolak sex. Setelah 3 minggu aku tinggal bersama mereka, timbul nafsu birahiku untuk menyetubuhi ibuku. Bagaimana tidak terangsang melihat wajah cantik yang dewasa dan menggairahkan serta tubuh yang seksi luar biasa (mungkin dikarenakan ikut senam). Setiap ibuku mandi, aku selalu menyempatkan diri untuk mengintipnya. Sambil melihat aku pun melakukan onani sampai-sampai maniku berceceran di lantai tempatku mengintip. Setiap hari aku melakukan aktifitas ini tanpa takut ketahuan oleh ibu maupun adik dan pembantuku. Terkadang kalau tidak sempat, aku tidak membersihkan bekas maniku karena takut

Cerita Dewasa Ngentot Pacar Temanku

Cerita Dewasa Ngentot Pacarnya Temanku - mungkin title nya rada gila ya ckckck .. emang iya, tapi begitulah adanya cerita ini dikirim oleh pecinta cerita dewasa bergambar dari Surabaya, ok gak panjang lebar kita baca bersama Cerita Dewasa Maafkan aku mengentot pacarmu ini, baca juga cerita sebelumnya Cerita seks dengan anak SD, : "Kenapa kalian nggak segera daftar supaya cepat ditangani?" kataku sambil memperhatikan tubuh seksi Dian si cewek. "Bingung Pak, tapi istri Bapak ambil yang mana? dan berapa lama?" jawab Dian sambil agak gelisah karena memergoki aku sering lihat buah dada dan pantatnya yang benar-benar menggiurkan. "Wah nggak tahu Dik, tapi istriku selalu ambil yang dua jam setengah untuk perawatan," kataku singkat ke arah Reinald. "Wah kalau gitu tak tinggal dulu ke kampus dulu ya Dian, nanti tak jemput setelah dua jam," sergah si Reynald. "Ya sudah sana biar nggak ditinggal Pak Mahmud, jangan lupa lho jemput 2 jam