4 Kunci Menjaga Kehamilan di Trimester Pertama

Aupan makan menjadi kunci kesehatan janin.  

Aupan makan menjadi kunci kesehatan janin.  

VIVAlife -Kehamilan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi pasangan yang baru menikah. Di trimester pertama ini, umumnya pengetahuan para ibu soal kesehatan kehamilan masih minim. Tak jarang, hal ini dapat memunculkan beberapa masalah yang tak diinginkan.

Menurut dr. UF Bagazi, SpOG (K) dari Brawijaya Women & Children Hospital, wanita yang tengah hamil pada usia di bawah empat bulan rentan pada bayi lahir cacat bahkan keguguran. Ini karena, di trimester pertama, sel-sel dalam tubuh bayi mulai mengalami pembentukkan organ tubuh.

Oleh karena itu, di trimester pertama kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti dijelaskan oleh dr. UF Bagazi saat ditemui di Grand Kemang Hotel:

Seafood

Udang, cumi-cumi, ikan, dan kepiting merupakan beberapa makanan laut yang menggoda untuk segera dicicipi. Namun makanan yang siap menggoyang lidah ini sangat membahayakan para ibu hamil. Beberapa makanan seafood terkontaminasi mercury yang dapat menyebabkan kecacatan janin.

Setengah Matang

Anda penggemar sushi? Selama masa kehamilan, cobalah untuk menghindari makanan ini atau makanan setengah matang. Pun untuk mengindari infeksi toksoplasma. Hal yang harus diketahui, mereka yang terkena infeksi ini tidak memunculkan gejala, namun sangat berisiko menyerang plasenta dan bayi Anda.

Misalnya menyebabkan gangguan fungsi saraf, cacat, ginjal, gangguan jantung, hingga keguguran. Infeksi yang disebabkan karena parasit atau bakteri toksoplasma gondii dapat bertahan hidup pada makanan atau daging yang dimasak kurang dari 60 derajat celsius.

Rokok

Sudah banyak iklan yang memaparkan soal bahaya merokok. Bagi ibu hamil, sebaiknya tidak terpapar asap rokok dalam lingkungannya. "Karbonmonoksida pada asap rokok dapat meracuni tubuh janin serta oksigen dalam darah berkurang," kata UF Bagazi.

Ini artinya semakin banyak jumlah karbonmonoksida dalam darah janin, maka dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Tak hanya itu, wanita perokok pun rentan melahirkan bayi prematur dua kali lebih besar.

Alkohol

Bukan hanya minuman keras atau alkohol yang dilarang bagi wanita atau wanita hamil. Makanan yang mengandung rum, mewarnai rambut saat hamil, atau menggunakan obat-obatan kimia (krim wajah) pun berbahaya bagi para wanita hamil. Ini karena dapat mempercepat penyerapan pewarnaan rambut. Hal ini tentunya dapat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. (eh)

20 May, 2013


-
Source: http://kosmo.vivanews.com/news/read/414141-4-kunci-menjaga-kehamilan-di-trimester-pertama
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saung Sule - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger