Menelusuri Sejarah Panjang Bra

Fantasy Treasure Bra produksi Victoria's Secret. (REUTERS/ Shannon Stapleton)

Fantasy Treasure Bra produksi Victoria's Secret. (REUTERS/ Shannon Stapleton)

VIVAlife - Bra adalah pakaian dalam yang wajib dikenakan setiap wanita. Selain bermanfaat dalam menopang payudara, bra juga mampu menjaga bentuk salah satu bagian tubuh wanita itu tetap kencang sehingga membantu postur badan terlihat lebih baik.

Tapi tahukah Anda sejarah terciptanya pakaian dalam ini? Berikut perjalanan bra dari zaman ke zaman hingga sampai pada bra yang saat ini yang Anda kenakan seperti dilansir laman Womenshealthmag.

1907
Untuk pertama kali, Vogue Amerika menggunakan kata 'brassiere'. Beberapa tahun kemudian yaitu tahun 1911, kata 'brassiere' muncul di Kamus Bahasa Inggris Oxford.

1914

Mary Phelps Jacob, seorang sosialita New York, mendapatkan paten atas penemuan bra modern. Ia menggunakan dua sapu tangan dan pita merah muda untuk menciptakan 'brassiere backless'.  Meski bukan desain pertama, namun rancangannya merupakan yang pertama digunakan secara luas. Ia kemudian menjual patennya ke Warner Brothers Corset Company.

1918

Anehnya, Perang Dunia I ternyata memberikan kontribusi terhadap penurunan penggunaan korset di Amerika. Wanita Amerika memasuki angkatan kerja dalam jumlah besar dan korset dianggap tak lagi cocok digunakan. Selain itu tambahan 28.000 ton logam yang tadinya diperlukan manufaktur korset jsutru digunakan sebagai bahan pembuatan kapal perang.

1920-an
Maidenform yang didirikan oleh Ida Rosenthal dan suaminya, William, serta Enid Bissett merupakan perusahaan pertama yang membuat bra dengan cup.

1947-1950-an
Frederick Mellinger, orang di belakang Frederick Hollywood, bukan hanya seorang pengusaha. Ia juga mendapat pujian karena memperkenalkan bra dengan bantalan pertama bagi wanita-wanita di seluruh dunia di tahun 1947.

Setahun kemudian, seluruh wanita banyak yang telah menggunakan push-up bra. Mellinger juga kemudian menciptakan bra dengan kait di depan, bustier warna-warni serta memperkenalkan thong untuk wanita Amerika pada 1980-an.

1968
Para feminis memprotes kontes ratu kecantikan, Miss America dan menyebut bra sebagai 'instrumen yang membuat wanita menderita'.

1977
Di tahun yang sama dengan saat Victoria's Secret berdiri, Lisa Lindahl dan seorang temannya, Polly Smith memiliki ide untuk menciptakan sport bra pertama di dunia. Mereka menciptakannya karena saat itu banyak wanita yang hobi berlari dan joging sehingga sport bra ciptaan mereka diberi nama Jogbra.

1990
Madonna memukau banyak orang dengan penampilannya di atas panggung memakai korset yang dikombinasikan dengan cone bra yang didesain oleh Jean Paul Gaultier untuk tur bertajuk Blond Ambition.

2000
Walaupun bertama kali didesain untuk katalog Victoria Secret tahun 1996, fantasy bra telah dikenakan oleh Heidi Klum dan Tyra Banks pada pagelaran busana Victoria Secret. Namun, Gisele Bundchen-lah yang memperagakan versi fantasy bra yang paling mahal di tahun 2000.

Bra ini dinamakan Red Hot Fantasy Bra dan dihargai sebesar US$15 juta. Terbuat dari kain satin merah dan dihiasi batu rubi Thailand serta berlian, bra ini masuk Guinness Book of Records sebagai pakaian dalam yang paling mewah yang pernah diciptakan.

2009
Kemunculan bra-bra unik menggunakan teknologi maju kian bertambah. Lisca, sebuah perusahaan Slovenia menciptakan Smart Memory Bra. Cup untuk bra ini dibuat dari busa high-tech memory yang bereaksi tergantung dengan suhu tubuh serta dapat ikut bergerak ketika tubuh bergerak.

2010
Di tahun 2010, diciptakan bra anti kulit kerut yang diciptakan oleh La Decollette, perusahaan desainer bra asal Belanda.

2011
Di tahun ini, ukuran bra rata-rata mengalami peningkatan dari 34B menjadi 36DD. Hal tersebut membuat banyak pabrik bra meningkatkan ukuran produk bra mereka. Perusahaan lingerie Inggris, Bravissimo menciptakan cup bra dengan ukuran cup L. Perusahaan lainnya, Goddess bahkan menjual bra hingga ukuran cup N. (sj)

24 May, 2013


-
Source: http://kosmo.vivanews.com/news/read/415565-menelusuri-sejarah-panjang-bra
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saung Sule - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger